Fungsi str_replace pada Bahasa Pemrograman PHP


Lanjut lagi setelah sebelumnya saya bagi koding substr, kalo belum liat silahkan klik disini.

Oke sekarang saya mau bagi koding fungsi str_replace pada Bahasa Pemrograman PHP

Fungsi ini digunakan untuk mengganti suatu string dengan string yang lain. Contoh kasusnya adalah sebagai berikut:

<?php
$teks = 'abc.jpg';
echo str_replace('.jpg', '', $teks); //abc
echo str_replace('.jpg', '.png', $teks); //abc.png
echo str_replace('a', 'berhasil replace hebat! ', $teks); //berhasil replace hebat! bc.jpg
?> 

Penjelasan:

  1. str_replace('.jpg', '', $teks): koding ini dibaca ganti '.jpg' dengan ''(kosong) pada "$text", maka hasilnya akan didapatkan "abc".
  2. str_replace('.jpg', '.png', $teks): koding ini dibaca ganti '.jpg' dengan '.png' pada "$text", maka hasilnya akan didapatkan "abc.png".
  3. str_replace('a', 'berhasil replace hebat! ', $teks): koding ini dibaca ganti 'a' dengan 'berhasil replace hebat! ' pada "$text", maka hasilnya akan didapatkan "berhasil replace hebat! bc.jpg".


Catatan:
str_replace ini berulang selama huruf/string yg mau di ganti itu masih ada, oke saya kasih contoh lagi kalo masih bingung.

<?php
$teks2 = 'saya adalah anak orang tua saya';
echo str_replace('saya', 'kamu', $teks2); //kamu adalah anak orang tua kamu
?>

nah udah mulai ngerti kan, saya lebih perjelas lagi nih, pada "$teks2" itu terdapat 2 kata "saya" yang akan digantikan dengan kata "kamu", kalo misalnya ada 3 kata "saya" ya tetep diganti juga tiga-tiganya dengan kata "kamu".

Oke saya rasa cukup jelas yah, ada yg mau di tanyakan silahkan berkomentar :-D 







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

terimakasih telah berkunjung dan berkomentar :D